Rabu, 05 Maret 2014

MANUSIA SEBAGAI SUMBER DAYA





POTENSI PENDUDUK SUATU NEGARA

Jumlah penduduk di suatu negara akan bisa menjadi suatu potensi yang luar biasa apabila para penduduknya memiliki sdm yang cukup memadai. Akan tetapi bisa saja terjadi sebaliknya bahaya mengancam negara apabila para penduduknya tidak punya potensi, tidak mau mengembangkan dirinya berniat untuk maju.

Apalagi Indonesia yang beraneka macam budaya dan tingkat kehidupan yang beraneka ragam, dengan kekuatan yang masing-masing dimilikinya, waow sungguh, suatu kekuatan yang amat luar biasa, apabila setiap individu mau menumbuh kembangkan pribadinya masing-masing

Dunia atau negara ini laksana kebun yang dihiasi dengan lima macam yaitu 1. Ilmunya ulama ; 2. Adilnya para penguasa ; 3. Ketekunan ibadah umat beragama ; 4. Kejujuran para pedagang dan para penguasa ; 5. Disiplin para pelaksana pemerintahan.

Apabila ulama benar-benar berfungsi sebagai pembimbing umat ,  para penguasa sebagai pengayom dan pelindung umat, segala lapisan beribadah dengan baik, saling doa mendoakan , para pedagang dan pengusaha berlaku jujur yang mementingkan kualitas dan servis yang memuaskan, para pegawai berlaku disiplin dan mementingkan tugas  ;sepi ing pamrih rame ing gawe  , maka sungguh akan sangat mempesona. Segala saling iri dan dengki akan lenyap, saling mencurigai akan hilang, ketentraman dan kedamaian akan segera dapat dinikmati.

Marilah kita tumbuh kembangkan potensi kita masing-masing, berbuat dengan sebaik-baiknya, baik para cendekiawan maupun ulama, para pedagang maupun pengusaha, rakyat maupun penguasa, para pendidik maupun penyelenggaran kependidikan, para karyawan maupun pekerja, bekerja bersama-sama, berat sama dijinjing, ringan sama dipikul, kita belajar hidup sama rata dan sama rasa, bergotong royong, untuk mengangkat

negeri ini di kancah dunia, agar bisa sederajat dengan bangsa bangsa lain.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar