Rabu, 05 Maret 2014

PERLU MENGETAHUI KEKUATAN DIRI





UKURLAH KEMAMPUAN DIRI

Ibnu Umar  berkata bahwa Rasulullah saw sambil memegang pundaknya bersabda, “ Hendaklah kamu di dunia ini seakan – akan kamu seorang pengembara atau seorang yang lewat di jalan” Ibnu Umar berkata, “ Apabila kamu telah memasuki waktu sore janganlah mengharapkan waktu pagi. Dan apabila kamu memasuk waktu pagi, janganlah kamu mengharapkan waktu sore; gunakanlah kesehatanmu itu untuk sakitmu, dan hidupmu untuk matimu. ( HR Bukhari )

Rasulullah saw bersabda, “ Gunakanlah lima kesempatan sebelum datang lima perkara yaitu 1. masa mudamu sebelum masa tuamu ; 2. Masa sehatmu sebelum masa sakitmu ; 3. Masa kecukupanmu sebelum fakirmu ; 4. Masa kosongmu sebelum sibukmu; 5. Masa hidupmu sebelum matimu,

Seisi alam semesta ini akan hancur, akan musnah, akan termasuk semua kenikmatan dunia akan lenyap dan hangus, kecuali Allah. Sebagaimana firman Allah di dalam QS Ar Rahman ayat 26 – 27 yaitu :

كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍ [٥٥:٢٦]
Semua yang ada di bumi itu akan binasa.

وَيَبْقَىٰ وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ [٥٥:٢٧]
Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.

Melalui Hadits ini Rasulullah saw memperkuat dengan ke dua ayat dari surat Ar Rahman tersebut memperingatkan kita semua agar :
1.    Mengetahui bahwa apa yang ada di dunia ini akan hancur, yng bernyawa akan binasa, kecuali Allah Yang Maha Besar lagi Maha Mulia, Dia tetap kekal abadi. Oleh karena itu kalau untuk berbuat kebaikan sebaiknya jangan ditunda-tunda, segeralah laksanakan.
2.    Waktu itu adalah peluang atau kesempatan, maka manfaatkanlah setiap kesempatan, setiap peluang yang ada itu untuk hal-hal yang baik.
3.    Mumpung masih muda carilah bekal sebanyak-banyaknya sebelum tua ( yang pasti semuanya serba lemah, fisiknya, akal fikirannya, tenaganya dll, semuanya sudah tidak fit lagi )
4.    Mumpung masih sehat, kuat, mata masih tajam pandangannya, telinga masih awas pendengarannya, akalnya masih cerdas untuk berfikir, manfaatkan semuanya itu sebelum semuanya menjadi berkurang.
5.    Berbuatlah sesuatu dengan melakukan berderma terhadap orang lain, jangan kikir, jangan takut akan kelaparan, sebelum berubah menjadi miskin, gak punya apa-pa dn jadi miskin beneran.
6.    Jadikan hidup itu indah untuk menuju keindahan yang asli yaitu akhirat. Sungguh kehidupan akhirat itu akan lebih indah dari kehidupan dunia. Keindahan di akhirat ini yang belum pernah terlihat oleh mata, belum terdengan oleh telinga dan belum pernah dirasakan oleh hati serta belum pernah terbayangkan oleh akal fikiran kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar