Kamis, 01 Mei 2014

HARI PENDIDIKAN NASIONAL



Setiap tanggal 2 Mei selalu diperingati sebagai hari yang bersejarah yaitu bangkitnya masyarakat pribumi dari kebodohan menuju masyarakat yang mengerti siapa dirinya, dari masyarakat yang tidak mengerti apa2, hidup serba terkekang, sementara para penjajah hidup mewah dengan menikmati kekayaan negeri orang lain ,   untuk menuju Indonesia merdeka

Bermula dari sinilah Raden Mas Suwardi Suryaningrat  yang sekarang dikenal dengan nama Ki Hajar Dewantara mendirikan suatu padepokan untuk menanamkan ilmu pengetahuan agar menjadi sadar , rakyat tidak bodoh selamanya yaitu pada tangal 3 Juli 1922 mendirikan suatu perguruan yang awalnya disebut National Oderwijs Instituut of Tamansiswa .( Perguruan Nasional Tamansiswa ).

Pertanyaan mengapa Hari Pendidikan Nasional tidak dilaksanakan pada tanggal 3 Juli saja ? Mengapa Ki Hajar Dewantara mendirikan Perguruan Nasional Tamansiswa bukan tanggal 2 Mei saja sebagai tanggal hari lahirnya sendiri ?

Lalu Mengapa beliau rela melepaskan gelar Raden Mas nya sebagai putra abdi dalem Kraton Paku Alaman terus berganti gelar dengan sebutan Ki bagi lelaki dan Nyi bagi wanita yang sudah berkeluarga serta Ni bagi wanita yang belum berkeluarga.

Semua itu merupakah bentuk keserdahanan jiwa Ki Hajar Dewantara. Karena yang dikejar beliau itu adalah isi. Apalah artinya gelar profesor, doktor SPd , Dra Drs, dan sebagainya, apabila mentalnya mental yang kotor, akhlaknya bejad, rela menzalimi sesamanya, banyak membuat kerusakan di muka bumi ini. Yang seharusnya mereka itu memberikan petunjuk, memelihara, membimbing, mengarahkan bagaimanakah caranya agar cipta , rasa dan karsa bisa ditumbuh kembangkan kepada seluruh penduduk warga negara Indonesia ini, sehingga bisa sejajar harkat dan martabatnya dengan negara-negara asing.

Mengapa kebudayaan kok dibuang. ? Setiap manusia Indonesia itu harus memiliki budaya. Budaya itu budi dan daya. Budi itu adalah akhlak dan daya itu usaha. Jadi budi daya itu adalah suatu prilaku , suatu usaha, suatu perbuatan, dengan didasari akhlak agama. Budi daya, sopan santun, tata tertib, tata titi, unggah ungguh. Kesemuanya itu merupakan budaya.

Lalu apa efek dari kebudayaan dibuang, kekacauan terjadi di mana-mana, tawuran antar pelajar subur, orang tua kurang peduli terhadap pengawasan anaknya,guru bertindak keras sedikit dengan tujuan mendidik ,orang tua langsung marah tidak terima. 

Wahai bangsa Indonesia dengan adanya 2 Mei ini mari kita bangkit, kita bangun bersama, kita benahi fisik dan moral bangsa ini, banyak-banyaklah belajar dari falsafah-falsafah Ki Hajar Dewantara diantaranya :

1. Trilogi kepemimpinan : 1. Ing Ngarso Sung Tulodo ; 2 . Ing Madyo mangun Karso; 3. Tutwuri Handayani ;

2. Tripusat system pendidikan yaitu : 1. pendidikan di lingkungan keluarga ; 2. pendidikan di dlingkungan sekolah ( formal ) ; 3. pendidikan di lingkungan masyarakat ( non formal ) ;

3. Trikon yaitu 1. Kontinyu  ;  2. Konvergen  ; 3. Konsentris  ;

4. Tringo yaitu : 1. Ngerti  ; 2. Ngroso  ; 3. Nglakoni .;

5, Trisa  yaitu : 1. Sabutuhe ; 2. Sakepenake  ;  3. Sacukupe.

6, Tri pantangan yaitu : 1. Penyalah gunaan wewenang/kekuasaan  ; 2. penyalah gunaan keuangan ; 3,pager ayu atau susila ( istilah sekarang zalim terhadap sesama ).

Terutama sekali kepada siapapun yang menjadi Wong Tamansiswa, banyak-banyaklah koreksi diri, kaji diri, mawas diri dan tahu diri, karena kalian semuanya diberi amanat oleh Allah melalui Ki Hajar Dewantara untuk menjaga, memelihara dan melestarikan Tamansiswa, agar Tamansiswa masih exis di masyarakat, agar Tamansiswa masih dipercaya oleh masyarakat, agar Tamansiswa dijadikan suri tauladan oleh masyarakat.

Selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional. Semoga Pendidikan nasional itu dikembalikan lagi ke yang aslinya yaitu Pendidikan dan Kebudayaan.

By    : Ki Kartawijaya ( Panitera Perguruan Tamansiswa Cabang Cirebon )


1 komentar:

  1. Terima kasih banyak Aky Ternyata Angka jitu hasil Ritual KI SUBALA JATI Yang saya minta ternyata Tembus SINGAPUR 4D KAMIS 20 AGUSTUS 2015 DENGAN ANGKA [3174] Puji TUHAN SAYA mendapatkan kemenangan 570 JUTA. Sampai-sampai saya mengeluarkan Air mata, SAYA sangat terharu, bahagia dan bersyukur kpd TUHAN Yang Maha Esa. Skrng SAYA sudah memiliki modal untk buka usaha sendiri dan sdh membeli Rumah dan yg paling utama SAYA tdk Terlilit Utang lagi sewaktu SAYA menjadi pegawai pabrik. Jgn pikirkan lagi, langsung hub "KI SUBALA JATI" Di (((085-321-606-847_))) Terima kasih banyak Aky Semoga TUHAN membalas kebaikan ANDA

    BalasHapus