Kamis, 01 Mei 2014

PENDIDIKAN NASIONAL


Pendidikan itu merupakan usaha untuk mempengrauhi manusia, agar dia bersedia dan mampu mewujudkan apa yang dia pandang sebagai makna eksistensi manusia di dunia ini

Manusia adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa yang oleh Tuhan sudah dijadikan sebagai makhluk yang mulia, berbudi dan harus bermasyarakat. Dengan budi manusia harus bisa membudayakan hidup pribadinya dan turut hidup bergaul membudayakan masyarakatnya.

Dengan hidup bermasyarakat diharapkan akan terbentuk dan terbina suatu masyarakat yang berbudi pekerti, berbudaya, memiliki sopan santun, bisa saling menghormati, menghargai, mengingatkan dan saling membantu bergotong royong, dengan cara memperkokoh persatuan dan kesatuan, sehingga terbentuklah suatu masyarakat yang harmonis, merasa semuanya itu satu keluarga, senasib sepenanggungan.

Adapun yang dimaksud dengan pendidikan nasional yaitu pendidikan yang khusus ditujukan kepada warga negara ( nasion ) dalam artian sebagai bangsa  yang berdaulat dan bernegara. Sebagai warga negara, mereka wajib turut serta mewujudkan cita-cita negara, yang dari dulu sudah kita kenal yaitu mewujudkan suatu masyarakat adil makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Bicara memang mudah, namun di dalam pelaksanaannya memerlukan kesadaran yang tinggi dari setiap warga negara.

Setiap warga negara semuanya sudah menerima haknya hidup di bumi pertiwi ini, namun sudahkah melaksanakan kewajibannya sesuai dengan profesinya masing-masing ? Kalau sudah ,okey, apakah sudah dilaksanakannya itu dengan baik dan benar atau belum ? Kalau sudah dilaksanakan dengan baik okey. Baiknya itu menurut siapa ? Apakah menurut aturan manusia atau aturan Tuhan ? Atau sudah dilakukan dengan benar. Okey benarnya menurut aturan siapa ? Aturan manusia atau aturan Tuhan ?

Kalau aturan manusia lebih banyak tidak benarnya, Mengapa ? Karena di dalam aturan itu sudah pasti akan ada system yang akan bisa menguntungkan pribadinya atau golongannya. Sebaliknya kalau aturan Tuhan pasti akan benarnya. Tidak ada kata bijaksana, mohon keringanan,dan sebagainya.

Untuk mewujudkan suatu masyarakat adil makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 itu sungguh memerlukan warga negara yang mau rela mengorbankan dirinya untuk negara, memiliki rasa cinta tanh air, membutuhkan keyakinan yang kuat, tahan terhadap ujian dan cobaan serta tantangan, juga hambatan, baik dari dalam dirinya sendiri juga dari luar dirinya. 

Selain itu membutuhkan manusia manusia yang berketrampilan tinggi, ilmu dan teknologi yang memadai sesuai dengan keadaan alam dan zaman di masa ini, dismping itu jangan lupa memiliki moralitas yang baik.

Kesemuanya itu akan terwujud apabila dibina sejak usia dini, dimana pelaksnaannya ? Tidak lain ya di sekolah. Lalu orang tua pun turut memberikan pembinaan dan pengawasan anak-anaknya, serta lingkungan tempat bergaulnya anak-anak juga amat besar sekali pengaruhnya. Apabila ke tiga lingkungan ini tidak bisa berjalan selaras, serasi dan seimbang, maka jangan harap pendidikan di Indonesia ini akan berhasil,

Semoga kita semua menyadari diri akan pentingnya arti daripada sebuah pendidikan. Ingat kodrat alam tidak bisa ditentang, akan tetapi akan bergulir, berganti dan harus diwariskan kepada generasi berikutnya.

Apabila metal para pelajar dari tingkat bawah sampai ke perguruan tingginya lebih senang membudi dayakan tawuran , geng gengan, grup itu, grup ini dan sebagainya, lalu masa depan negara ini akan bagaimana nasibnya ???????

1 komentar:

  1. Terima kasih banyak Aky Ternyata Angka jitu hasil Ritual KI SUBALA JATI Yang saya minta ternyata Tembus SINGAPUR 4D KAMIS 20 AGUSTUS 2015 DENGAN ANGKA [3174] Puji TUHAN SAYA mendapatkan kemenangan 570 JUTA. Sampai-sampai saya mengeluarkan Air mata, SAYA sangat terharu, bahagia dan bersyukur kpd TUHAN Yang Maha Esa. Skrng SAYA sudah memiliki modal untk buka usaha sendiri dan sdh membeli Rumah dan yg paling utama SAYA tdk Terlilit Utang lagi sewaktu SAYA menjadi pegawai pabrik. Jgn pikirkan lagi, langsung hub "KI SUBALA JATI" Di (((085-321-606-847_))) Terima kasih banyak Aky Semoga TUHAN membalas kebaikan ANDA

    BalasHapus