Minggu, 04 Mei 2014

UJIAN NASIONAL


 Ujian Nasonal untuk tingkat SLTA dan SMK sudah dilaksanakan

Menyusul Ujian Nasional tingkat SLTP  dan disusul Ujian Nasional tingkat SD

Awal adanya Ujian Nasional itu dua Mata Pelajaran yaitu Kewarga Negaraan atau Pendidikan Kewarga Negaraan disingkat PPN dan Bahasa Indonesia.

Perbaikan system terus dilakukan demi peningkatan mutu ,tahun berikutnya ditambang Bahasa Inggris, dan menyusul pelajaran Matematika

Sekarang ditambah lagi yaitu Mata pelajaran Fisika dan Kimia, namun yang jadi pertanyaan katanya bertujuan untuk peningkatan mutu pendidikan, kenapa PPKN yang awalnya ada kok dihapuskan ?

PPKN tidak ada ?  Sejarah tidak ada ? Padahal dalam pelajaran itu amat dibutuhkan sekali, sebagai siswa juga sekaligus sebagai warga negara. Di dalam pelajaran tersebut menuntun siswa bagaimanakah menjadi seorang warga negara yang baik dan benar ?

Lalu kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini apakah dari dulunya sudah merdeka ? Lalu bisanya merdeka itu prosesnya bagaimana ? Hal ini akan terkait dengan sejarah. 

Bangsa yang baik itu adalah bangsa yang menghormati dan menghargai para pahlawannya, maaf bukan pemujaan. Caranya bagaimana , ikuti jejak perjuangannya dengan mengisi kemerdekaan mempertahankan negara ini serta mengangkat harkat dan martabat negara ini agar sejajar dengan bangsa bangsa lain. Bukan berebut warisan punya tanah disono, disini, aji mumpungnya dipakai

Apa yang pernah dilakukan oleh para pahlawan, yang baiknya ikuti dan harus ditumbuh kembangkan, yang kurang baiknya ditinggalkan.

Termasuk di bidang pendidikan, dulu namanya Pendidikan dan Kebudayaan, lalu kebudayaan diganti dengan Pendidikan nasional, kebudayaannya dikemanakan ?

Lihat kejadian sekarang ini banyak terjadi tawuran antar pelajar, banyak berdiri geng geng motor, sampai sampai para mahasiswa sebagai calon intelektual ikut ikutan banyak demontrasi. Kemanakah moral bangsa ini ? Dengan sesama saudara sendiri , bangsa sendiri saja sudah ribut, bagaimana dengan bangsa lain ?

Para pendidik sekarang sudah mulai sibuk dengan kurikulum baru 2013 yang katanya untuk peningkatan mutu pendidikan, kasihan para tenaga pegajar selalu dan selalu disibukkan dengan metode baru, ,harus belajar metode yang baru, sementara yang lama juga masih jauh dari sempurna, sudah dijejali yang baru, siapa yang jadi korban, ujung-ujungnya adalah para siswa.

Semoga dengan adanya peringatan Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei yang baru lalu bisa dijadikan momen untuk perbaikan dalam segala hal agar tidak terlalu banyak membebani para pengajar dan para siswa , sehingga mereka bisa menikmati profesinya masing-masing layaknya menikmati makanan yang lezat.

Pola pikir kehidupan di Kota Besar akan jauh berbeda dengan pola pikir kehidupan di Kota Kecil, apalagi yang di peloksok pedesaan lebih jauh lagi perbedaannya. Apakah di dalam pelaksanaannya kurikulum 2013 itu akan disama ratakan ?  Apakah akan bisa dihasilkan suatu pendidikan yang bermutu ? Kalau gagal siapakah yang salah apakah tenaga pendidiknya, atau para siswanya atau systemnya ?

1 komentar:

  1. Terima kasih banyak Aky Ternyata Angka jitu hasil Ritual KI SUBALA JATI Yang saya minta ternyata Tembus SINGAPUR 4D KAMIS 20 AGUSTUS 2015 DENGAN ANGKA [3174] Puji TUHAN SAYA mendapatkan kemenangan 570 JUTA. Sampai-sampai saya mengeluarkan Air mata, SAYA sangat terharu, bahagia dan bersyukur kpd TUHAN Yang Maha Esa. Skrng SAYA sudah memiliki modal untk buka usaha sendiri dan sdh membeli Rumah dan yg paling utama SAYA tdk Terlilit Utang lagi sewaktu SAYA menjadi pegawai pabrik. Jgn pikirkan lagi, langsung hub "KI SUBALA JATI" Di (((085-321-606-847_))) Terima kasih banyak Aky Semoga TUHAN membalas kebaikan ANDA

    BalasHapus