Selasa, 18 Februari 2014

HUBUNGAN ANTAR MANUSIA DENGAN MANUSIA




HUBUNGAN MANUSIA DENGAN MANUSIA.

Manusia itu tidak bisa hidup sendirian. Dia tetap akan membutuhkan bantuan orang lain. Dan antara manusia dengan manusia itu hidupnya saliang ketergantungan. Dan harus kita sadari bersama sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa yang berwujud sebagai individu namun juga sekaligus makhluk sosial.

Dia sifat yang dimiliki manusia ini merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa, selain itu juga setiap manusia memilki karakter baik dan jahat. Hanya saja sifat manakah yang lebih menonjol pada diri manusia. 

Dalam dunia pergaulan , tentunya kita ingin mengembangkan sifat yang baik dan sebaliknya harus berusaha sekuat tenaga untuk menekan sifat jahat.. Disinilah letak pentingnya pendidikan, karena pendidikan itu yang ditanamkan kepada sang anak harus yang bersifat baik.

Sebagai kahluk sosial, maka manusia berhubungan dengan manusia lain karena saling membutuhkan, sekaligus saling memberi. Hubungan dengan sesamanya akan tercipta dengan baik apabila ditanamkan sifat-sifat kasih sayang, cinta kasih antar sesama. 

Karena dengan dasar kasih sayang dan cinta kasih, akan melahirkan sikap  laku toleransi, solidaritas, demokrasi. Rela berkorban, tolong menolong  semangat gotong royong, sedia mengabdi. 

Sebagai makhluk sosial  seseorang berbuat selalu untuk kepentingan bersama disamping untuk kepentingan pribadi. Pemenuhan kebutuhan seseorang tidak akan mungkin apabila tanpa bantuan orang lain atau sesamanya. Maka itu tergantung pada sesamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar