Selasa, 25 Februari 2014

WASITA RINI ( NASIHAT UNTUK PARA GADIS ) ke 1




WASITA RINI ( NASIHAT UNTUK PARA GADIS )

1.       Pokok ajaran kewanitaan, pada jaman dahulu dan sekarang masih tetap sama yaitu untuk menjaga para wanita agar suci serta selamat, terhindar dari mara bahaya.
2.       Bedanya pada zaman sekarang yang disebut zaman merdeka, segenap umat menenng kekuasaan dan penguasa pihak lain. Begitu juga kaum wanita tidak suka diperlakukan sekehendk hati oleh orang lain.
3.       Ingatlah para wanita, merdeka itu tidak hanya berati lepas dari perintah orang lain, tetapi juga harus kuat dan mampu mengasai diri sendiri. Oleh karena itu jangan lupa bahwa hak dan kewajiban itu tidak terpisahkan.
4.       Yang dimaksud dengan kewajiban adalah segala kesiapan dan kesediaan lahir dan batin. Barulah menyusul hak melaksanakan kehendak diri sendiri; mengingat kalian sudah memunyai timbangan untuk menimbang apa yang baik dan apa yang tidak baik.
5.       Para wanita yang memelihara jiwa kemerdekaan, wajib mengetahui kepentingannya ; kecerdasan rasa dan cipta memberi kemerdekaan hidup; adapun kesusilaan adalam pagar keselamatan bagi dirimu.

Hai para gadis yang mencita-citakan kemerdekaan wanita. Janganlah dilupakan bila kamu sedang bersenang-senang, untuk tetap bersusila dalam segala “ tingkah laku “ ( KHD, soal Wanita : 19 )
BEBERAPA SERAT LAMA DAN AJARAN KEWANITAAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar