Selasa, 25 Februari 2014

WASITA RINI ( NASIHAT UNTUK PARA GADIS ) ke 2




WASITA RINI ( NASIHAT UNTUK PARA GADIS ) ke 2

Gubahan Sunan Paku Buwana IV sebagai berikut :
“ Inilah nasihatku, kepada anakku perempuan.
Harus ingat namamu, karena yang disebut putri itu
Putih yang sungguh-sungguh, tiga hal artinya
Berbakti, berhati-hati sekali terhadap suaminya
Yang ketiga takut. Lahir dan batin jngn sakit hati,
Menjalankan petunjuk siami, suami harus dianggap sebagai tuan, karena wanita itu.
Berkewajiban menurut suaminya, janganlah suka memotong
Kehendak orang laki-laki, walaupun engkau putri raja
Bersuamikan panakawan, sungguh wajibnya takut”

Pada Beberapa bait lainnya disebutkan sebagai berikut

“ Petunjuk bagi orang yang nikah, bukan harta, bukan rupa, hanya hati modalnya, sekali salah sekali kena, kalau mudah mudah sekali, kalau sulit luar biasa sulitnya, tidak dapat ditambak dengan uang.

Tidak dapat ditambak dengan rupa, patokan orang nikah, hanya ingat berhias diri, ingat kalau dikuasai suami, tidak boleh lalai, kurang teliti, kurang ingat, yaitu salah yang dibesar-besarkan.  ( P.B IV Wlangreh dan Wulang Putri )

Yasadipura II dalam gubahannya, Serat Wicara Keras , menyisipkan beberapa bit mengenai nasihat untuk kaum wanita. Diantaranya disebutkan, bahwa :

“ (Wanita) jangan berbuat salah, hendaknya takut dan berbakti kepada suami, jangan berbicara dengan marah dan bersungut-sungut, tidak menyenangkan hati, ( sebaiknya ) hanya menerima segala perintahnya.
Jangan membuka rahasia suami, jangan mengerutkan kening, ini merupakan durhaka besar, terhadap Yang Maha Kuasa, lahir dan batinnya akan susah.
Wanita tidak diperkenankan berguru, kepada pria lain kecuali suaminya, dan jangan rajin berbantah, durhaka kepada Yang Maha Kuasa, lahir batinnya akan menderita ( R.Ng. Yasadipura II, Serat Wicara Keras , bait : 122 – 124 .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar