Minggu, 16 Februari 2014

KEMERDEKAAN MUTLAK MILIK ALLAH




ALLAH PEMILIK KEMERDEKAAN MUTLAK

Allah adalah pencipta alam semesta seiisinya, pengatur dan penentu semua yang ada di alam ini. Karena alam diatur oleh Penciptanya, maka alam tidak bisa bergerak bebas mutlak, akan tetapi  ada batasannya.Isi alam semesta dapat bergerak bebas sesuai dengan kodratnya, sesuai dengan hukum alam yang ada.
                                               
Bintang-bintang, planet-planet ,satelit beredar dan berputar secara bebas, namun terbatas pada orbitnya masing-masing. Angi bertiup secara bebas, namun juga terbatas yaitu bertiup dari daerah presi ke daerah depresi. Air mengalir secara alami bergerak dari tempat yang tinggi ke tempat yang terendah. Tumbuh-tumbhan bergerak menuju tempat yang banak sinar matahari apabila  itu tumbuhan tropis, namun terbatas pada alam yang ada. Binatang bebas mencari makan, minum, namun juga terbatas pada persediaan alam. Semua ini adalah contoh isi alam yang tak berjiwa,namun dapat bergerak karena kebebasannya meskipun dalam keadaan terbatas.

Karena Allah mencitai sesuatu itu selalu ada pasangannya. Tadi adalah contoh yang tidak berjiwa. Berarti ada yang berjiwa. Yang berjiwa harus memiliki cipta, rasa dan karsa dan yang memiliki ini hanyalah manusia.

Dengan jiwa merdeka maka  manusia akan dapat mempeoleh keberhasilan, meskipun kebebasan manusia masih dibatasi oleh khendak Tuhan Yang Maha Esa, sangat dipengaruhi oleh alam sekitarnya, alam fisi maupun non-fisis.

Ajaran hidup  Ki Hajar Dwantara yang salah satunya adalah jiwa merdeka . Jiwa merdeka ini merupakan kunci keberhasilan untukmeraih sesuatu, untuk mencapai tujuan, untuk menggapai cita cita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar