Minggu, 16 Februari 2014

JIWA MERDEKA ADALAH HAK INIDIVIDU SETIA MANUSIA




APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN JIWA MERDEKA ?

Jiwa merdeka adalah bebas dari tekanan, jajahan, perintah. Jadi manusia yang memiliki jiwa merdeka itu adalah manusia yang lepas dari tekanan, lepas tau bebas dari jajahan, bebas dari perintah, namun mampu mengatur dirinya sendiri, tidak tergantung kepada fihak lain dan memiliki kemampuan berdiri sendiri.
Dan dari kebebasan itu manusia sebagai makhluk individu sebenarnya tidak boleh merampas kebebasan manusia lain. Oleh karenanya seseorang yang memiliki kebebasan tadi wajib memperhatikan kebebasan orang lain, atau memperhatikan perikehidupan bersama.Hal ini ditegaskan dalam asa Tamansiswa tahun 1922 yang pertama, kalimat yang pertama berbunyi, “ Hak seseorang akan mengatur dirinya sendiri ( zelfbeschikkingsrecht saamhoorigheid )
Selain harus memperhatikan kehidupan bersama, jangan lupa alam sekitarnya juga perlu mendapatkan perhatian. Karena alam sekitar itu sangat mempengaruhi terhadap kehidupan manusia. Bahkan manusia yang mampu bersatu dengan alam maka akan dapat menikmati kebahagiaan.
Kesimpulan manusia yang memiliki jiwa merdeka adalah manusia yang bisa menyatu dengan Tuhan Yang Maha Esa, bergantung kepada sesama dan juga dengan alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar