Sabtu, 15 Februari 2014

SIAPAKAH KELOMPOK ELIT PRIBUMI ITU ?




KELOMPOK ELITE PRIBUMI

Lahirnya kelomok elite pribumi saat itu yang telah mengenyam pendidikan barat memiliki pandangan jauh ke depan. Sejalan dengan lahirnya golongan elit pribumi yang berpandangan jauh itu, maka mulailah dirintis bidang pers, organisasi sosial politik dan lembaga-lembaga pendidikan oleh pribumi dan untuk pribumi. 

Suatu tonggak sejarah yang amat penting dalam pergerakkan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan adalah dengan berdirinya Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908. Pendirinya adalah para pelajar Stovia di Jakarta dan Dr.Sutomo . 

Berdirinya organisasi Budi Utomo ini , tidak terlepas dari anjuran Dr.Wahidin Sudirohusodo yang pada saat itu memimpin sebuah majalah yang terbit di Yogyakarta yang bernama Retnodhoemilah. Majalah Retnodhoemilah ini terbit sejak tahun 1895 dan sejak tahun 1902, redaktur pelaksanaannya dipegang oleh Dr.Wahidin Sudirohusodo

Organisasi Budi Utomo ini merupakan organisasi pertama yang didirikan oleh bangsa Indonesia. Ketika Budi Utomo berdiri, Suwardi Suryaningrat alias Ki Hajar Dewantara masih sebagai seorang pelajar di Stovia. Dan beliaupun sebagai salah sorang pelajar Stovia ikut aktif terlbat dalam proses pendirian Budi Utomo.

Begitu Organisasi Budi Utomo berdiri menjadi terkenal, mulailah mata rantai pergerakan yang saling berkaitan bermunculan saling sambung menyambung. Banyak golongan elit pribumi bergabung sebagai penerbitan pers dan menjadikan media pers sebagai media perjuangan. Keterlibatan elit pribumi dalam penerbitan pers ini sekaligus mendobrak dominasi orang-orang Belanda dan Cina yang pada saat itu boleh dibilang memonopoli penerbitan pers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar