Selasa, 11 Februari 2014

TRIPLE TRI ( TIGA TRI )



Kepribadian Ki Hajar Dewantara beraneka ragam dan mempunyai banyak predikat, sehingga dari sudut mana kita akan memandangnya, maka akan kita temukan seorang Ki Hajar Dewantara yang berbeda-beda.

Dari sekian banyak perbedaan itu maka kita dapat mengambil atau dapat memperinci menjadi tiga kategori predikat utama yaitu beliau sebagai seorang pendidik, beliau sebagai seorang budayawan dan beliau sebagai seorang pemimpin rakyat.

Sesuai dengan ketiga predikat tersebut maka beliau telah memberikan yang namanya Tripusat Pendidikan, Trikon dan Trilogi kepemimpinan. Dari hal itu maka kita singkat dengan menggunakan istilah "Triple " Tri. Triple Tri ini bercirikan tiga buah teori yang berawalan "tri"

Tripusat Pendidikan merupakan teori tentang bagaimanakah caranya mengelola pendidikan nasional. Pendidikan Nasional ini mengacu kepada tiga pusat pendidikan yaitu pendidikan dalam alam keluarga, pendidikan di alam perguruan dalam hal ini sekolah ( formal ) dan pendidikan di alam masyarakat ( non formal ) .

Hendaknya ketiga alam di dalam pelaksanaannya ini harus bisa selaras, serasi dan seimbang. Selaras artinya sesuai dengan situasi dan kondisi. Serasi artinya dapat bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat dan seimbang artinya suasana di tiga alam itu tidak ada perbedaan yaitu bertujuan sama untuk membentuk manusia Indonesia, berjiwa bangsa Indonesia dan siap membela tanah air Indonesia untuk mewejudkan suatu masyarakat yang terti damai salam dan bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar