Jumat, 21 Februari 2014

PENTINGNYA ASAS KEMERDEKAAN




ASAS KEMERDEKAAN
                                                       
Tamansiswa meletakkan asas kemerdekaaan sebagai dasar pendidikan anak-anak, atas keasadarannya, bahwa mengisi jiwa merdeka pada anak-anak di masa penjajahan berarti mempersenjatai bangsa dengan senjata keberanian untuk berjuang, menanamkan rasa harga diri untuk mencapai kemerdekaan.

Jiwa merdeka merupakan syarat pokok untuk dasar hidup salam dan bahagia. Jiwa merdeka juga merupakan syarat terwujudnya dunia tertib dan damai. Daril pendidikan yang telah diperoleh mereka akhirnya perjuangan mereka sebagai banga Indonesia  terwujud secara resmi pada tanggal 17 Agustus 1945 berhasil merdeka.

Setelah Indonesia merdeka, barulah bangsa Indonesia mulai mengatur rumah tangganya sendiri berupa pemerintahan, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan. Pembangunan di segala bidang dilakukan. Pada awalnya memang sulit untuk mengadakan pembangunan, artinya belum bisa lancar karena masih terdapat rakyat yang belum berjiwa merdeka, jiwanya masih senang dijajah.

Sebab dalam kenyataannya pembangunan bisa terwujud apabila para warga negaranya itu mau merubah dirinya, berusaha menjadi tenaga-tenaga pembangunan, tenaga-tenaga yang mampu membangun dirinya sendiri dan bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.

Haruslah disadari bahwa berhasilnya pembangunan itu harus ditangani oleh manusia yang berjiwa merdeka. Yaitu bangsa Indonesia sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar