Senin, 10 Februari 2014

TAMANSISWA

Tamansiswa adalah suatu organisasi berbentuk perguruan yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara pada tanggal 3 Juli 1922 di Yogyakarta yang awal mula berdirinya bernama Naional Oderwijs of Tamansiswa atau dikenal dengan nama Peguruan Nasional Tamansiswa.

Tujuan Ki Hajar Dewantara mendirikan perguruan ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan bangsa Indonesia yang berjiwa Pancasila dengan berasaskan kekeluargaan untuk menuju suatu masyarakat tertib damai salam dan bahagia.

Yang dimaksud dengan tertib adalah tertata tertiti dengan teratur dan tertib, untuk menuju suatu masayarakat yang tenang dan tenteram. Ketenteraman akan tercipta apabila suasananya bisa tertib.

Apabila hal ini dilakukan dengan tertib dan teratur maka akan didicapai suatu ketenangan, ketenteraman dan kedamaian.

Salam artinya sejahtera lahirnya. Maksudnya segala kebutuhan baik pangan, sandang dan papan bisa terpenuhi sesuai dengan hasil usaha yang telah dikerjakannya. Semua ini baru kebutuhan untuk dunianya .

Sedangkan untuk akhiratnya maka harus ditenteramkan batinnya, artinya orang tamansiswa harus memeluk suatu agama, diyakininya agama tersebut, kemudian diamalkan dalam bentuk kegiatan sehari-hari dengan ketentuan tidak menyimpang dari aturan agama yang dianutnya.

Apabila hal ini dilakukan dengan yakin pada dirinya, yakin dengan apa yang dikerjakannya, kemudian menyerahkan hasilnya kepada yang mengatur hidup , yang menentukan hidup yaitu Allah, Tuhan Yang Maha Esa, Penguasa alam semesta, sehingga apa yang diharapkan bisa tercapai yaitu selamat di dunia dan bahagia di akhiratnya,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar